Langsung ke konten utama

KABATAKU

KABATAKU_Ada yang pernah dengar atau tahu dengan kata "KaBaTaKu". Apa sih KaBaTaKu itu ? Mungkin sebagian dari kita merasa asing dengan kata "KaBaTaKu", Jika sekilas di perhatikan kata "Kabataku" itu ngak Indonesia banget atau jangan-jangan kata KaBaTaKu itu berasal bahasa asing yach (Jepang_red) ?

KABATAKU (Kali Bagi Tambah Kurang)

Misteri Kata KaBaTaKu, Cari Tahu yuk ...!!!
Untuk menjawab pernyataan di bawah ini.

Kata KaBaTaKu itu berasal dan asli dari kata bahasa indonesia lebih tepatnya itu merupakan sebuah kata akronim. Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. (KBBI Edisi Ketiga). Contoh akronim yang populer di masyarakat Indonesia misalnya pemilu (pemilihan umum), jurdil (jujur dan adil), cekal (cegah dan tangkal) dan lain sebagainya.

Adapun kata "KaBaTaKu" merupakan akronim dari kata : BAgi, KAli, TAmbah dan KUrang. Akronim kata "KaBaTaKu" memang tidak sepopuler akronim kata pemilu, jurdil, cekal dan lain sebagainya, hal ini kemungkinan terjadi karena kurang terekspos dan hanya di gunakan di kalangan pendidikan (pelajar dan guru_red) saja dan setelah lulus mereka pun jadi pada lupa.

Pengertian KaBaTaKu 
KaBaTaKu adalah sebuah akronim dari kata : BAgi, KAli, TAmbah dan KUrang. dan di dalam bahasa Jawa kata KaBaTaKu identik dengan kata "PIPOLONDO"yaitu Ping (Kali), Poro (Bagi), Lon (tambah) dan suDo (kurang)

KaBaTaKu atau PIPO LONDO adalah sebuah metode atau rumus yang di gunakan untuk menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung campuran. Operasi hitung campuran adalah operasi hitung bilangan yang melibatkan lebih dari satu operasi hitung bilangan. Operasi hitung bilangan terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Maka Operasi hitung campuran merupakan operasi hitung yang terdiri dari kombinasi dari keempat operasi hitung tersebut.

KaBaTaKu atau PIPO LONDO merupakan sebuah metode atau rumus yang di gunakan untuk menyelesaikan soal matematika yang memiliki lebih dari satu operasi hitung (operasi hitung campuran) dengan cara mengurutkan bagian-bagian yang mana lebih dulu yang harus di kerjakan. Adapun urutanya yaitu KALI dulu, baru BAGI, lalu TAMBAH dan terakhir KURANG.. Untuk mudah mengingatnya guru sering mengatakan "KaBaTaKu

Contoh soal :
6 : 2 + 3 x 4 - 2 = ......?
6 + 12 : 3 x 4 + 1 = .....?

Hal yang perlu di Perhatikan dalam menyelesaikan soal : 
Sebelum menyelesaikan soal di atas, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan :
Dalam ilmu matematika, kita mengenal adanya operasi hitung dalam matematika yang dapat dibedakan menjadi empat operasi hitung yaitu: penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), pembagian (:). selain itu dalam matematika juga telah dijelaskan bahwa perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan, memiliki tingkatan yang berbeda-beda.
Adapun tingkatannya sebagai berikut:
Perkalian (x) = Pembagian (:)
Penjumlahan (+) = Pengurangan (-)

Prinsip KaBaTaKu :
[1] penjumlahan setara dengan pengurangan dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[2] perkalian setara dengan pembagian dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[3] operasi perkalian atau pembagian harus didahulukan baru kemudian penjumlahan atau pengurangan

Dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran ini, perlu diperhatikan urutan pengerjaannya: yang
pertama: Dahulukan soal yang berada di dalam tanda kurung,
kedua: jika terdapat perkalian dan pembagian, selesaikan dahulu operasi hitung dari yang paling kiri. ketiga: Jika terdapat penjumlahan dan pengurangan , selesaikan dahulu operasi hitung dari yang paling kiri,
keempat: jika terdapat perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan, selesaikan dahulu perkalian atau pembagian dari yang paling kiri. Nah setelah itu kerjakan penjumlahan atau pengurangan dari yang paling kiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Segi Empat

A.     Jenis jenis segi empat 1.       Segi empat tidak beraturan Merupakan segi empat sembarang yang tiap sisi mempunyai panja ng yang berbeda dan mempunyai ukuran sudut yang berbeda. 2.       Segi empat beraturan a.        Merupakan segi empat sifat keteraturan tertentu. Sifat sifatnya antara lain : ·          Persegi panjang mempunyai 2 pasang sisi yang sejajar yang sama panjang. ·          Dua pasang sisi yang saling berhadapan sejajar. ·          Empat buah sudut sama besar yaitu 90 o . ·          Diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan dan embagi dua sama panjang. Besaran ·          Keliling K = 2(p + l) ·          Luas L = p x l b.       Persegi (bujur sangkar) Sifat : ·          Keempat sisinya sama panjang. ·          Dua pasang sisi yang berhadapan sejajar. ·          Diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan, serta membagi dua sama panjang. ·          Kedua diagonal berpotongan

Mengenal Bangun Ruang

 MENGENAL BANGUN RUANG DAN RUMUSNYA   Ilmu matematika tidak pernah lepas dari rumus-rumus matematika mengenai bangun ruang seperti kubus, balok, kerucut, tabung, limas, dan bola. Artikel kali ini akan saya tuliskan tentang rumus bangun ruang yang ada di dalam pelajaran matematika seperti rumus kubus, rumus tabung, rumus limas, rumus kerucut,  untuk mengetahui / mempelajari / mengingat kembali luas dan volume masing-masing bangun ruang. Bangun ruang berbeda dengan bangun datar didalam menentukan rumusnya , yaitu tergantung dari bentuk bangun masing-masing. Secara umum bentuk dari bangun ruang seperti kubus dkk adalah 3 dimensi yang mempunyai isi atau volume berbeda dengan bangun datar yang hanya 2 dimensi.