Langsung ke konten utama

MANFAAT MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

"PELAJARAN MATEMATIKA"



 Waduh ini nih, pelajaran yang sangat banyak sekali ditakuti anak-anak dari zaman dahulu sampai sekarang. Kenapa sih alasannya?




 
Sebenarnya belajar matematika itu sangat mengasyikkan lhoo…. dibawa enjoy aja. Jangan tersugest oleh rasa ketakutan anda. Karena rasa ketakutan anda dapat membuat saraf-saraf anda tegang terutama pada otak. Salah satu fungsi otak yaitu untuk berfikir. Jika saraf-saraf anda tegang maka otak pun tidak bisa berpikir dengan sehat dan jernih.

Pernahkah kalian berpikir, kenapa sih harus belajar matematika?
Tentunya semua ada manfaatnya jika kita pelajari. Bukan hanya belajar tetapi juga dalam hal umum lainnya semua ada manfaatnya sekecil apapun itu.



Berikut ini 6 Manfaat Belajar Matematika

  1. Belajar matematika dapat memecahkan suatu permasalahan
Belajar matematika itu sebenarnya diharuskan, karena kalau tidak bisa maka akan rugi diri kita sendiri. Kita tidak bisa memecahkan suatu permasalahan.
Maka dari itu, belajarlah matematika dengan sungguh-sungguh.
Dengan belajar matematika dapat memecahkan suatu permasalahan. Baik pemecahan dalam pengerjaan soal-soal maupun pemecahan permasalahan lainnya. Seperti, mengukur jarak jalan, pemecahan masalah dalam membangun rumah atau lainnya.
  1. Belajar matematika dapat membantu untuk berdagang
Dasar belajar matematika adalah berhitung. Berhitung juga dapat bermanfaat untuk berdagang.
Jika anda berdagang, harus pintar berhitung. Jika tidak pintar dalam berhitung akan kesulitan dalam berdagang. Anda juga tidak akan keliru ketika menerima dan membayar kembalian dari pembeli sehingga tidak rugi dalam berdagang.

  1. Belajar matematika dapat menjadi dasar pokok ilmu
Matematika menjadi dasar pokok ilmu maksudnya matematika itu adalah suatu pelajaran pokok tentang ilmu berhitung sehingga ketika belajar ekonomi, akuntansi, kimia, fisika dan lainnya sudah lebih paham dan tidak terlalu mengalami kesulitan.
Jika tidak bisa pokoknya saja maka akan kesulitan dalam pelajaran hitungan lainnya.
  1. Belajar matematika dapat membuat kita lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh
Masih ingatkah anda, ketika gurumu memberikan soal-soal untuk dikerjakan? Menyelesaikan soal-soal tersebut haruslah dengan hati-hati, harus dengan teliti perhatikan benar apa pertanyaannya, berapa angkanya atau lainnya.

Lakukan dengan cermat jangan putus asa dan jangan ceroboh. Agar jawaban yang anda jawab benar. Jadi dalam penyelesaian dalam mengerjakan soal dapat melatih anda menjadi orang yang teliti, cermat dan tidak ceroboh.


  1. Belajar matematika dapat melatih cara berpikir
Belajar matematika sangatlah menuntut anda untuk berpikir. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam berpikir. Ada kemampuan berpikirnya cepat ada juga yang lambat.
Dengan mengerjakan penyelesaian soal dapat melatih cara berpikir anda untuk lebih keras lagi. Ketika jawaban anda salah, harus diperbaiki sampai jawabannya benar. Sehingga tujuan anda untuk menyelesaikan soal tersebut mendapat hasil yang memuaskan.
  1. Belajar matematika dapat melatih kesabaran
Benarkah, belajar matematika dapat melatih kesabaran?
Humm, tentu saja iya. Penyelesaian permasalahan dalam matematika itu rumit dan panjang sehingga dapat melatih anda untuk menjadi orang yang sabar dalam mengerjakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Segi Empat

A.     Jenis jenis segi empat 1.       Segi empat tidak beraturan Merupakan segi empat sembarang yang tiap sisi mempunyai panja ng yang berbeda dan mempunyai ukuran sudut yang berbeda. 2.       Segi empat beraturan a.        Merupakan segi empat sifat keteraturan tertentu. Sifat sifatnya antara lain : ·          Persegi panjang mempunyai 2 pasang sisi yang sejajar yang sama panjang. ·          Dua pasang sisi yang saling berhadapan sejajar. ·          Empat buah sudut sama besar yaitu 90 o . ·          Diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan dan embagi dua sama panjang. Besaran ·          Keliling K = 2(p + l) ·          Luas L = p x l b.       Persegi (bujur sangkar) Sifat : ·          Keempat sisinya sama panjang. ·          Dua pasang sisi yang berhadapan sejajar. ·          Diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan, serta membagi dua sama panjang. ·          Kedua diagonal berpotongan

Mengenal Bangun Ruang

 MENGENAL BANGUN RUANG DAN RUMUSNYA   Ilmu matematika tidak pernah lepas dari rumus-rumus matematika mengenai bangun ruang seperti kubus, balok, kerucut, tabung, limas, dan bola. Artikel kali ini akan saya tuliskan tentang rumus bangun ruang yang ada di dalam pelajaran matematika seperti rumus kubus, rumus tabung, rumus limas, rumus kerucut,  untuk mengetahui / mempelajari / mengingat kembali luas dan volume masing-masing bangun ruang. Bangun ruang berbeda dengan bangun datar didalam menentukan rumusnya , yaitu tergantung dari bentuk bangun masing-masing. Secara umum bentuk dari bangun ruang seperti kubus dkk adalah 3 dimensi yang mempunyai isi atau volume berbeda dengan bangun datar yang hanya 2 dimensi.

KABATAKU

KABATAKU _Ada yang pernah dengar atau tahu dengan kata "KaBaTaKu". Apa sih KaBaTaKu itu ? Mungkin sebagian dari kita merasa asing dengan kata "KaBaTaKu", Jika sekilas di perhatikan kata "Kabataku" itu ngak Indonesia banget atau jangan-jangan kata KaBaTaKu itu berasal bahasa asing yach (Jepang_red) ? Misteri Kata KaBaTaKu, Cari Tahu yuk ...!!! Untuk menjawab pernyataan di bawah ini. Kata KaBaTaKu itu berasal dan asli dari kata bahasa indonesia lebih tepatnya itu merupakan sebuah kata akronim. Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. (KBBI Edisi Ketiga). Contoh akronim yang populer di masyarakat Indonesia misalnya pemilu (pemilihan umum), jurdil (jujur dan adil), cekal (cegah dan tangkal) dan lain sebagainya. Adapun kata "KaBaTaKu" merupakan akronim dari kata : BAgi, KAli, TAmbah dan KUrang. Akronim kata "KaBaTaKu" memang tidak sepo